ME.

Foto saya
SUPER.MOODY.MONSTER.I'M A ROCKSTAR★

Rabu, 25 November 2015

Desain dan Struktur Organisasi

Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun organisasi yang merupakan suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.Struktur organisasi adalah  bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompok- kan, dan dikoordinasikan secara formal.Struktur organisasi ialah susunan pembagian tugas secara formal yang ada dalam sebuah organisasi.
Selain memiliki struktur, organisasi juga memiliki desain organisasi.
desain organisasi, Ivancevich (2008) mendefinisikannya sebagai proses penentuan keputusan untuk memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan, dan departemen. Dengan demikian, keputusan atau tindakan-tindakan yang dipilih ini akan menghasilkan sebuah struktur organisasi.

Model desain organisasi adalah mekanisme-mekanisme formal pengelolaan suatu organisasi yang menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan-hubungan di antara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau posisi-posisi maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukan, tugas wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatu organisasi. Desain mengandung unsur-unsur spesialisasi kerja, standardisasi, koordinasi, sentralisasi, desentralisasi dalam pembuatan keputu­san dan besaran satuan kerja.
  1. Desain Organisasi Mekanistik
  • Proses kepemimpinan tidak mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan
  • Proses motivasi hanya menyadap motif fisik, rasa aman dan ekonomi melalui perasaan takut dan sanksi.
  • Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir ke bawah dan cenderung terganggu tidak akurat.
  • Proses interaksi bersifat tertutup dan terbatas, hanya sedikit pengaruh bawahan atas tujuan dan metode departemental.
  • Proses pengambilan keputusan hanya di tingkat atas, keputusan Relatif.
     2.  Desain Organisasi Organik
  • Proses kepemimpinan mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan antara atasan dan bawahan dalam segala persoalan.
  • Proses motivasi berusaha menimbulkan motivasi melalui metode Partisipasi.
  • Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir secara bebas keseluruh orgranisasi yaitu ke atas ke bawah dan kesamping.
  • Proses  interaksi bersifat terbuka dan ekstensif, bai atasan ataupun bawahan dapat mempengaruhi tujuan dan metode partemental.
           Implikasi Manajerial Desain dan Struktur Organisasi

           Pegawai atau karyawan dalam suatu perusahaan terhubung dalam suatu kesatuan struktur yang menyatu dengan tujuan agar pekerjaan yang ada dapat terselesaikan dengan lebih baik dibandingkan tanpa adanya pembagian bagian tugas kerja. Untuk melakukan pengumpulan orang-orang dalam suatu unit, divisi, bagian ataupun departemen dengan tugas pekerjan yang berkaitan diadakan kegiaitan departementalization atau departementalisasi. posisi adalah kualitas maka setiap orang yang menempati posisi yang ia kuasai dalam suatu organisasi akan menghasilkan kontribusi besar dalam suatu organisasi tersebut. itulah alasan mengapa diperlukan implikasi manajerial desan dan struktur organisasi

     


s   Sumber: http://kutamz-desain.blogspot.co.id/2015/06/struktur-dan-desain-organisasi.html

Rabu, 21 Oktober 2015

Peran Komunikasi Dalam Organisasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[butuh rujukan] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.[butuh rujukan] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.


Peranan Komunikasi Dalam Organisasi

Istilah “komunikasi” mempunyai banyak arti. Bagi orang awam, mungkin akan diartikan sebagai alat atau media pengirim informasi; seperti misalnya; telepon, telegram, atau televisi. Sedangkan bagi orang lain yang bekerja dalam organisasi, istilah komunikasi dapat juga diartikan sebagai saluran komunikasi dalam organisasi; seperti misalnya: komunikasi formal melalui rantai komando, komunikasi informal, kontak saran, atau prosedur penyelesaian konflik.
        Sebenarnya kalau ditelusuri, istilah “komunikasi” ini berasal dari bahasa Latin; yaitu dari kata “communis”;yang berarti “sama”(common). Ika kita akan mengkomunikasikan suatu idea atau gagasan, maka kita harus menetapkan terlebih dahulu suatu dasar titik-temu yang sama” untuk mencapai suatu pemahaman atau pengertian. Dengan dasar Flippo)  mendefinisikan komunikasi sebagai suatu tindakan mendorong pihak lain untuk menginterpretasikan suatu idea dalam suatu cara yang diinginkan oleh pembicara atau penulis.
            
        Definisi dan Flipo ini; dan juga kebanyakan definisi yang diajukan penulis-penulis di bidang komunikasi; termasuk definisi yang sempit lingkupnya, karena hanya membatasi pada aspek manusia saja dan bersifat satu arah. Definisi yang lebih luas diajukan oleh Sikula) yang memandang komunikasi sebagai suatu proses pengiriman informasi, arti, dan pengertian dari seseorang, tempat, atau sesuatu lain. Meskipun masih banyak alternatif definisi yang lain, definisi yang sederhana dan singkat dari Sirkula ini mengandung unsur-unsur kunci yang lain, definisi yang sederhana dan singkat dari Sirkula ini mnegandung unsur-unsur kunci yang selalu ditekankan dalam setiap definisi yang baik mengenai komunikasi.
        Ada tiga unsur utama dari definisi komunikasi yang luas dan komperhensif  yaitu : (1) Komunikasi harus dipandang sebagai suatu proses, (2) pengiriman informasi, arti, dan pengertian, dan (3) mencakup aspek manusia dan bukan manusia.


Jenis Komunikasi

1. Komunikasi intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.


2. Komunikasi antarpribadi
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu, misalnya suami-istri, dua sejawat, guru-murid.


3. Komunikasi kelompok (kecil)
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.

4. Komunikasi publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah: berlangsung lebih formal; menuntut persiapan pesan yang cermat, menuntut kemampuan menghadapi sejumlah besar orang; komunikasi cenderung pasif; terjadi di tempat umum yang dihadiri sejumlah orang; merupakan peristiwa yang direncanakan; dan ada orang-orang yang ditunjuk secara khusus melakukan fungsi-fungsi tertentu.

5. Komunikasi organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.

6. Komunikasi massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.







sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
https://ganjarsayogo.wordpress.com/2013/12/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi/
http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/jenis-jenis-komunikasi.html

Sabtu, 13 Juni 2015

Pengaruh Walisongo Terhadap Budaya

Walisongo berarti sembilan wali dan merupakan tokoh yang berperan penting dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia di Jawa pada abad ke 14. Para Walisongo tersebar di tiga wilayah penting pantai utara pulau Jawa yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban di Jawa Timur, Demak, Kudus, Muria di jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat. Pelopor atau tokoh pendahulu Walisongo yaitu Syeikh Jumadil Qubro yang merupakan anak dari seorang putri Kelantan tua atau putri Saadong II yaitu putri Selindung Bulan.

Walisongo meliputi :

  • Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
  • Sunan Ampel (Raden Rahmat)
  • Sunan Bonang (Makhdum Ibrahim)
  • Sunan Drajad
  • Sunan Kudus
  • Sunan Giri
  • Sunan Kalijaga
  • Sunan Muria (Rader Umar Said)
  • Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)


Masing-masing Walisongo mempunyai peran yang berbeda dalam menyebarkan Islam. Diantaranya:
  • Sunan Gresik yang menempatkan diri sebagai tabib bagi kerajaan Hindu Majapahit
  • Sunan Giri yang disebut para kolonialis sebagai paus dari Timur
  • Sunan Kalijaga yang menciptakan karya kesenian dengan menggunakan nuansa yang dapat dipahami masyarakat Jawa, yaitu nuansa Hindu Budha
  • Sunan Drajad dalam pengajaran tauhid dan akidah mengambil cara ayahnya, yaitu langsung dan tidak mendekati budaya lokal. Meskipun demikian, cara penyampaiannya mengadaptasi cara berkesenian yang dilakukan Sunan Muria, terutama seni suluk. Maka ia merubah sejumlah suluk diantaranya adalah suluk petuah “Berilah tongkat pada si buta atau beri makan pada yang lapar atau beri pakaian pada yang telanjang”
  • Sunan Bonang yang dalam penyampaiannya mengubah gamelan Jawa yang saat itu kental dengan estetika Hindu dengan memberi nuansa baru dengan menambahkan instrumen bonang. Gubahannya ketika itu memiliki nuansa dzikir yang menolong kecintaan pada kehidupan alam malakut. Tombo ati merupakan karya Sunan Bonang.
Peranan Walisongo yang sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat luas serta dakwah secara langsung sehingga penyebaran Islam di Jawa meningkat pesat.

Tidak hanya itu, Walisongo juga berperan penting terhadap budaya di Indonesia. Seperti akulturasi wayang. Wayang sudah ada sejak zaman pemerintahan Raja Airlangga, berasal dari kata “wewayangan” yang artinya bayangan. Sejak awal zaman Majapahit dikenalkan cerita wayang lain yang tidak berinduk pada kitab Ramayana dan Mahabarata, kemudian lebih banyak digunakan untuk pertunjukan wayang yang diteruskan oleh para ulama (Walisongo).

  • Kalimat syahadat digambarkan sebagaikan tokoh Puntadewo atau Sumiaji
  • Shalat 5 waktu digambarkan sebagai tokoh Bima
  • Zakat digambarkan sebagai tokoh Arjuna
  • Puasa Ramadhan dan Haji digambarkan sebagai tokoh Nakula dan Sadewa

Jumat, 17 April 2015

Faktor yang Mempengaruhi Keutuhan NKRI

Artikel ini akan membahas mengenai faktor yang mempengaruhi keutuhan NKRI. Dapat kita ketahui bahwa keutuhan NKRI sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya:
  •  Religi
  •   Ekonomi / SDA
  •   Historik
  •   Geografi
  •   HANKAM

Namun pada artikel ini hanya akan membahas dari sisi religi saja. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, pulau, ras, agama, dan masih banyak lainnya. Indonesia sebagai sebuah negara kesatuan, harus mempunyai benteng yang kuat untuk membentengi keutuhan negaranya. Salah satunya dengan memperkuat nilai-nilai religi antar masyarakat.
Dalam bermasyarakat, tentunya dibutuhkan sosialisasi. Begitupun dengan beragama. Kita sebagai rakyat Indonesia harus selalu menghormati seluruh agama dan tidak boleh saling merendahkan antar agama. Apabila hal itu terjadi, keutuhan NKRI yang sudah dibangun sejak dulu dapat terpecah belah dan akan memberikan dampak yang buruk kedepannya.
Agama dan Budaya merupakan hal yang sangat penting dalam membangun karakter bangsa. Kita harus bersatu dan tolong menolong mempertahankan Indonesia dari serangan luar. Karena itu, religitusitas dan nasionalisme menjadi pijakan dalam berbangsa dan bernegara,
Selain itu, kita juga harus menyeimbangkan antara ilmu dan amal. Seperti halnya kita tidak mengharapkan terjadinya banjir, namun hutan malah digundul. Kita harus berlaku adil, karena suatu negara akan makmur jika rakyatnya berilmu dan mengamalkan ilmunya.

Tom Lickona , salah satu pakar pendidikan karakter terkemuka , menyebut sepuluh sifat atau karakter yang amat penting (Ten Essential Virtues ). Kesepuluh sifat itu ialah :

1)      Wisdom (bijak) ,merupakan induknya kebajikan the master virtue. Ia adalah kemampuan membuat keputusan yang baik  ( good judgment).   Keputusan yang baik adalah keputusan yang sudah dipertimbangkan secara masak sehingga baik untuk kita dan untuk orang lain. Wisdom menuntun kita dalam mempraktekkan sejumlah kebajikan, kapan kita mesti bertindak, bagaimana cara bertindak, dan bagaimana menyelaraskan antara berbagai kebijakan bila yang satu berentangan dengan lainnya.

2)      Justice ( adil) . Adil berarti berarti menghargai hak semua orang termasuk hak diri kita sendiri, - menghormati diri dengan mempertimbangkan secara wajar akan hak dan kehormatan kita.  Jadi keadilan meliputi kebajikan lintas personal, seperti kejujuran, penghormatan terhadap orang lain, tanggungjawab, dan toleransi. Toleransi yang dimaksud disini tidak semata dipahami sebagai persetujuan atas keyakinan dan prilaku orang lain tapi juga disertai dengan respek atau menghormati  kebebasan keyakinan mereka selama mereka tidak melanggar hak-hak orang lain.
  
3)      Fortitude (sabar dan ulet ). Karakter ini memungkinkan kita untuk terus melakukan hal-hal yang benar saat kita menghadapi kesulitan.  Fortitude merupakan keteguhan dari dalam diri kita sendiri yang memungkinkan kita mampu mengatasi dan menghadapi kesulitan, kekalahan, ketidaknyamanan dan penderitaan. Aspek-aspek fortitude menurut Lickona adalah : keberanian (courage), kelenturan (resilience), kesabaran (patience), kestabilan (perseverance), punya daya tahan (endurance) serta memiliki kepercayaan diri yang sehat (a healthy self-confidence)


4)      Self-control (pengendalian diri). Pengendalian diri adalah kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri. Karekter ini memungkinkan kita untuk mengontrol kemarahan kita, mengatur nasfu dan keinginan jasmani kita, menolak godaan dan mampu menunda keinginan mendapatkan imbalan disaat sedang  melayani tujuan yang lebih luhur dan berjangka panjang.  (Self-control is the ability to govern ourselves. It enables us to control our temper, regulate our sensual appetites and passions, resist temptation, and to delay gratification in the service of higher and distant goals)

5)      Love.( Cinta). Cinta itu melampui keadilan. Ia memberikan sesuatu yang melebihi persyaratan yang diminta secara fair. Cinta adalah kesediaan untuk berkorban demi orang lain. Empati (kemampuan untuk bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain) , compassion ( merasa iba atau kasihan atas penderitaan yang dialami orang lain), kebaikan , kedermawanan, pelayanan, loyalitas, patriotism, sifat pemaaf, semua akan membentuk kebajikan cinta. Cinta – utamanya cinta tanpa pamrih yang tidak mengharapkan timbal balik- merupakan dorongan yang paling kuat di alam semesta ini.   

6)      A positive attitude (bersikap positif).  Jika anda memiliki sikap negative dalam hidup ini maka anda akan membebani diri sendiri dan orang lain. Jika anda memiliki sikap positif , maka anda akan menjadi asset bagi diri anda sendiri dan bagi orang lain. Karakter yang bisa memperkuat sikap positif adalah : harapan , antusiasme , fleksibel, dan rasa humor.

7)      Hard work. (kerja keras). Dalam hidup ini , tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan kerja keras. Kerja keras meliputi :  adanya inisiatif, rajin,  merancang tujuan, dan mengumpulkan sumber daya.  .
8)      Integrity(integritas). Intergritas adalah berpegang teguh pada prinsip moral, menjaga kata-kata dan teguh terhadap apa yang kita yakini. Integritas berbeda dengan kejujuran (honesty) yakni berkata benar kepada orang lain. Integritas adalah berkata jujur terhadap diri sendiri. Bentuk penipuan yang paling membahayakan adalah menipu diri sendiri. Menipu diri memungkinkan kita untuk melakukan apapun yang kita inginkan kemudian mencari alasan yang membenarkan apa yang kita lakukan. 

9)      Gratitude. (bersyukur). Syukur sering digambarkan sebagai kunci atau rahasia kebahagiaan hidup. Dia memutuskan untuk berhenti mengeluhkan segala kelemahan-kelemahan fisik sembari mensyukuri segala yang telah dia miliki.

10)  Humility. ( rendah hati). Rendah hati bisa dipandang sebagai dasar dari seluruh kehidupan yang bermoral. Rendah hati diperlukan untuk bisa memperoleh berbagai kebajikan lain sebab rendah hati bisa menjadikan kita menyadari ketidaksempurnaan dan menuntun kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Rendah hati juga memungkinkan kita mengambil tanggung jawab atas kesalahan dan kegagalan  kita (ketimbang menyalahkan orang lain), meminta maaf kepada mereka dan terus berupaya melakukan perbaikan. Kunci pengembangan karakter dalam hidup adalah sederhana yakni adanya kerendahan hati untuk berubah.  The key to character growth in life is simply the humble willingness to change”kata Lickona.

Tentunya semua agama mengajarkan 10 sifat diatas. Namun nyatanya, masih sulit menemukan orang-orang yang menerapkan sifat tersebut.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah peran agama dan budaya sangat penting dalam keutuhan NKRI. Namun kekacauan seperti banyaknya korupsi, terjadinya kecurangan, dan lainnya masih sering terjadi. Itu menandakan bahwa keutuhan dari sisi religi belum seluruhnya terpenuhi.

Sumber:

Sabtu, 25 Mei 2013

Gibran

     Pagi! eh, siang! hari minggu nih, pada kemana? kerumah temen? ke mall? apa ke salon? hah? kenapa? bukan? terus kemana dong? dirumah aja ya? kasian bgt kaliannnn:-( gua juga. bosen ya, males. lagian besok udah mau masuk sekolah lg ngapain jalan ntar capek. *padahal engga punya duit*. mending dengerin cerita gua aja yuk!
     
     Gua Anan, gua punya adek. bayi! iya dia masih bayi!!! namanya Gibran. tapi biasanya sih dipanggil Iban. karena Iban dipanggil Iban, adaaaaa aja yg salah panggil. dari Iban menjadi Ibam. menjadi IbaM. biar gua per-detail, menjadi IbaM. hehehe. ini penampakannya!

giginya masih satu 


    Iban ini bayi yg super cute. kata temen gua. kata gua....... iya dia lucu. tapi kok nyebelin:----( biar gua jelaskan hobi adek gua yg masih umur 1 tahun 5 bulan (besok tanggal 27 Mei dia 1 tahun 6 bulan!:D) ini. dia hobi makan, menguntit kucing yg berkeliaran di depan rumah, nyalain tv sendiri (dia cuma suka nonton tv**e), main game (dia suka main Bouncy Mouse & Nyan Cat), nyapu. biar gua jelasin satu demi satu.

     makan. siapa bayi yg engga suka makan? semua bayi pasti suka makan. tapi Iban beda. dia sangat rakus dan gemar makan kerupuk. selain itu dia juga suka makan es krim. tapi coklat dia juga suka, sih...



     menguntit kucing. jadi gini, Iban itu awalnya engga suka kucing. cuma karna suatu hari dia lagi lari-larian di jalan dan tangannya gua kenain ke kucing rumahan yg gua engga tau itu kucing siapa. kemudian dia meringis unyu dan malah ketagihan megangin bulu kucing. pernah suatu hari gua ngajak dia ke depan buat beli makanan. dia bandel, engga mau digendong. akhirnya dia jalan. udah tiga perempat jalan, dia berenti. dia liat kucing. ini pertanda buruk. dia ngejar kucing sampe hampir masuk ke rumah orang. pas diangkat, dia nangis. nangisnya toa abis. bisa didenger disini. akhirnya gua pulang. gua malu bawa-bawa bayi yg meronta-ronta cuma gara-gara engga bisa megang bulu kucing.

     nyalain tv sendiri. untuk seumuran Iban, ya. dia cukup pinter buat bisa nyalain tv sendiri. tapi dia cuma mau liat tv**e. engga mau yg lain:----) akhirnya gua sekeluarga sehari-hari terbiasa nonton berita karena Iban. kalo channelnya dipindah aja, dia ngamuk. udah disetelin kartun, dia gakmau. dia cuma suka liat running text diberita aja.

      main game. Iban suka main Bouncy Mouse&Nyan Cat. awalnya gara-gara dia asal pencet hp bapake dan tiba tiba muncul Bouncy Mouse dengan lagu super unyu nya itu. terus dia asal pencet lg dan muncul Nyan Cat dengan lagu pidut-pidutnya itu. sampe sekarang, kalo ngambek dihiburnya mesti pake game dulu.

     nyapu. nyapu. nyapu. ini berawal dari emak gua lg nyapu dan dia ngambek pingin ikutan. engga usah terlalu banyak dibahas deh. liat sendiri aja......

aku nyapu dengan senang hati tanpa disuruh kakak


     udah ah ntar Iban makin eksis. ntar kakaknya kelelep eksis:-( ini ada beberapa penampakannya. liat aja ga apa mumpung kalo mau buka blog gua engga mesti daftar jadi member dulu *eh apanih* 


potongan rambut maksa

pake blangkon. dia jenong. tapi unyu, emesyiiin.

blog gua
warna warni
hahahahahahahahahaha.

Minggu, 21 April 2013

Aku masih dibawah umur

     yap setelah sekian lama gua gak ngepost lagi, rasanya cetar sekali pas baru mau mulai nulis lagi. ceilah gaya berasa penulis novel. gini, gua lahir tahun 1997. terus? masalah? jelas itu masalah. gua anak ke-2 paling muda dikelas. asik sih masih jadi anak bawang. tapi...

Aku iri liat temen-temenku yang lagi ngurusin KTP-nya. Aku iri liat temen-temenku udah bisa bawa kendaraan pribadi ke sekolah lengkap dengan SIM-nya. 

     biarpun nggak semuanya sih. contoh, Uu. dia lebih muda lagi dari gua, tapi kesekolah bawa motor. dan yang ngurusin KTP gatau juga ada berapa orang. atau bahkan engga ada, pada males kali. gua gatau bre.

     21 Februari kemaren gua ulangtahun!:-)

     engga spesial-spesial amat sih kayak ulangtaun biasa aja. bedanya, kali ini gua engga bawa kue. berat bgt bawa kue tuh malas sekali bawanya!!!! ok curhat. nah pas gua ulangtahun, ada yang sms kayak gini tapi lupa siapa yang ngirim

HB ya nan!:D semoga makin berkah di usianya yang ke-17 {}

     gua merasa tua! eh engga. gua merasa tersindir. entah ini typo, sengaja atau bahkan gatau. gatau kali yaaa:---) jelas-jelas gua masih 16 tahun oemji. tapi ada juga yang ngucapin gini

Happy Birthday Anan semoga kamu makin manis kayak gula jawa :-)

     engga engga itu gua ngarang sendiri biar disangkanya ga forever alone. intinya mah gua masih dibawah umur, belum legal mau ngapa-ngapain nih. bawa motor gitu misalnya, jangan mikir yang macem-macem dulu ah!

Friends or Fans?